Sabtu, 08 Desember 2012


Ringkasan Khotbah Safari Natal di Kecamatan Pegagan Hilir,Dairi
Jumaat, 07 Desember  2012
OLEH: DS Pdt. T.M. Karo-karo,STh, MA
Thema: “Sebab mataku telah melihat keselamatan yang dari padaMu” Luk. 2:30)
Sub Thema: Dengan semangat safari Natal dan Natal Oikumene Kabupaten Dairi 2012, pemerintah dan masyarakat bergandengan tangan mewujudkan dan melanjutkan tiga pilar pembangunan Dairi: Pertanian, Pendidikan dan kesehatan

BISA MELIHAT YANG TIDAK KELIHATAN

1.  Pedahuluan:

Kelahiran Yesus adalah perkara besar, Mesias datang, Allah yang maha kuasa menjelma, tetapi hanya sedikit orang yang bisa melihat, bisa mengerti dan percaya. Simeon bisa melihat keselamatan yang dari Tuhan, yang sudah disediakan di hadapan segala bangsa, keselamatan bagi seluruh dunia (ayat 31). Banyak orang-orang yang tampaknya rohani dan besar, tetapi mereka tidak bisa melihat kemuliaan Allah yang besar ini, padahal begitu nyata di muka matanya.
Orang yang bisa melihat perkara dari Allah yang tidak kelihatan itu menjadi sangat sukacita dan berapi-api Ibr 11:27. Begitu juga hati Simeon sangat bergembira, sebab bisa melihat rencana agung dan besar dari Allah yang besar sebab Simeon bisa mengerti (oleh Roh Kudus) sehingga dalam bayi yang tidak bisa apa-apa itu ia melihat keselamatan dari Tuhan, cahaya bagi orang kafir dan kemuliaan bagi umat Tuhan (kita bisa menjadi umat Tuhan dan sangat mulia kekal di Surga – ayat 32). Bahkan Simeon mengerti lebih banyak dari Yusuf dan Maria yang keheran-heranan (ayat 33). Dan Simeon juga memberi berkat Tuhan bagi Yusuf dan Maria serta menguatkan keduanya untuk terus mengerjakan tugasnya sampai selesai kurang lebih 33-34 tahun kemudian (ayat 34-35) Simeon begitu girang dan ia kemudian mati dengan sepuas-puas umurnya. Seperti Yakub Kej 46:30, seperti Abraham Kej 25:8, seperti Yusuf Kej 50:24-25.
Jadi orang benar dan berkenan kepada Tuhan, mengerti kehendak dan rencana Allah dalam hidup kita (setingkat demi setingkat seiring dengan pertumbuhan rohaninya) dari Firman Tuhan dan Roh Kudus serta taati dengan tulus dengan kuasa Roh Kudus, maka hidup ini akan menjadi berarti di dunia dan di Surga, sebab kita ikut melakukan satu bagian dari rencana Allah semesta, sekaligus kita bisa tumbuh dan menerima pahala dan kemuliaan yang kekal.
2.    Melihat Yang tidak Kelihatan----meningkatkan kemampuan untuk melihat dan dan merasakan keadaan sehingga bisa merasakan dan menyatakan keadaan yang sesungguhnya. (Vision yang jelas)
Simeon bisa melihat bahwa di dalam anak yang kecil itu terlihat real keselamatan untuk segala bangsa. Di dalam Dia Kerajaan Allah telah dinyatakan dan telah hadir di dalam dunia ini----itulah yang dinyatakan oleh Yohanes Pembaptis kemudian dengan seruannya: Bertobatlah sebab kerajaan Sorga sudah dating.

3.    Dengan kehadiran Mesias, maka Allah ingin menghadirkan Syaloom bagi Israel; syaloom adalah sejahtera secara rohani dan sejahtera secara jasmani. Sejahtera secara jasmani adalah : Cukup makan, papan, kesehatan, dan berpendidikasn.
4.    Adakah tujuan dari Pemda Dairi untuk mewujudkan syaloom itu? Syaloom di Dairi?  Jelas dengan tiga pilar Pembangunan: Pertanian, Pendidikan, Kesehatan, Pemda Dairi sebenarnya menuju kepada penghadiran syaloom di tengah-tengah masyrakat Dairi. Karena ketiga point tersebut adalah tiga hal yang dasariah untuk menjadikan masyrakat dairi menjadi masyrakat yang syaloom. Sesuai dengan konteks kehidupan masyakata Dairi.
·         Pertanian: inti dari kehidupan masyrakat dairi---Pemerintah mengarahkan, melindungi, dan mencerakahkan masyrakat dalam bisang pertanian.
·         Pendidikan---Sinanoge
·         Kesehatan
5.    Mampukah kita melihat itu ? Oleh sebab itu mari masyrakat dan pemerintah bergandeng tangan. Masyakat lihat, rasakan dengan teliti…..Pemerintah lihat dan rasakan dengan sensitive, sehingga engkau bisa menghadirkan syaloom di tengah-tengah masyarakat. Selamat Hari natal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar