Selasa, 25 Desember 2012


LITURGI PENERIMAAN ANGGOTA GEREJA
A.    Sidi Dewasa
PENDETA KEPADA SIDANG, SETELAH ORANG-ORANG YANG AKAN DISIDI DIPANGGIL BERDIRI KE MUKA:
Saudara-saudara yang kekasih, Gereja itu adalah milik Tuhan yang akan dipeliharakan hingga akhir zaman untuk menyelenggarakan kebaktian dan pemberitaan Firman Tuhan dan Hukum gereja, serta memelihara persekutuan kemuridan Kristen; membangun iman orang-orang percaya serta pertobatan dunia. Di dalam segala tempat, sekalian manusia berdiri dengan kebutuhan akan kekayaan yang dibagikan oleh gereja itu sendiri.
Saudara-saudara, mereka yang berdiri disini ialah orang-orang yang sudah menerima baptisan suci, telah mempelajari sifat-sifat, hak dan tugas serta tanggung jawab seorang Kristen, dan telah dididik mengenai ajaran dan tujuan gereja Methodist. Mereka datang memohon izin untuk memasuki persekutuan yang suci ini. Sekarang, dengan takut akan Tuhan, kita menanyakan kepada mereka, sesuai denga iman dan tujuan mereka, sehingga kita dapat mengetahui bahwa mereka layak diterima masuk ke dalam persekutuan ini.

PENDETA KEPADA YANG DI SIDI:
Saudara-saudara yang kekasih dalam Tuhan. Saudara datang untuk mencari persekutuan dengan jemaat. Kami sangat bergembira karena saudara bermaksud untuk turut serta mengambil bagian dalam hak, tugas, serta tanggungjawab keanggotaan dalam gereja ini. Sebelum saudara diterima dengan resmi, saudara harus memperbaharui sumpahmu, mengaku imanmu serta menyatakan tujuan dangan menjawab pertanyaan ini.

PENDETA : Apakah saudara mau, di hadapan Allah dan sidang jemaat ini, dengan hikmat memperbaharui janji dan sumpah yang telah diperbuat pada waktu kamu dibaptiskan ?
JAWAB         : Saya mau, Tuhan kiranya menolong saya
PENDETA     :Apakah saudara mengakui Yesus Kristus adalah Juruslamat dan Tuhanmu?
JAWAB           : Saya mengakui, Tuhan kiranya menolong saya.
PENDETA      : Apakah saudaramenerima dan mengakui iman Kristen seperti yang tertulis di dalam kitab injil Tuhan kita Yesus Kristus?
JAWAB           : Saya menerima dan mengakui, Tuhan kiranya menolong saya.
PENDETA      : Maukah saudara tetap setia kepada gereja Methodist Indonesia seta membantunya dengan kehadiranmu selalu, dengan doamu, dengan persembahan dan pelayananmu?
JAWAB           : Saya mau, Tuhan kiranya menolong saya.

Mereka disuruh berlutut, pendeta menumpangkan tangannya diatas kepala tiap orang satu persatu untuk memberkati mereka :
(Nama)semoga Tuhan melindungi engkau dengan anugerahNya yang surgawi; dan dengan RohNya meneguhkan engkau di dalam iman dan persekutuan dari pengikut-pengikut yang setia dari Yesus Kristus. Amin

PENDETA BERDOA :
Ya, Bapa kami yang di surga, kami datang kehadiratmu memohon berkat dan anugerahMu ke atas saudara-saudara kami yang telah mengaku iman mereka dihadapanMu. Berikan pertolongan Roh KudusMu untuk hadir menunjukkan jalan yang benar bila mereka jatuh ke dalam kesalahan dan dosa. Tuhan kiranya menguatkan mereka di dalam iman agar mereka selalu menang dalam menghadapi percobaan. Berilah ketetapan hati kepada mereka di dalam mengabdikan diri dengan setia kepada Tuhan dan gereja, sehingga mereka menjadi teladan yang baik kepada semua orang. Dengarkanlah doa kami demi Yesus Kristus kami. Amin

PENDETA KEPADA SIDANG :
Saudara-saudara sekalian. Saya menyerahkan kepada kasih dan pemeliharaan saudara-saudara, yaitu mereka yang telah kita terima menjadi anggota siding Kristus pada hari ini. Hendak kiranya saudara-saudara berusaha untuk meneguhkan kepercayaan mereka dan menetapkan pengharapan mereka serta menyempurnakan mereka di dalam kasih.

PENDETA KEPADA MEREKA YANG BARU DITERIMA :
Kami bergembira menerima saudara-saudara menjadi anggota gereja Kristus. Dari sekarang ini saudara-saudara berhak penuh di dalam gereja. Kami ingin supaya saudara/saudara akan mempergunakannya dengan baik. Sebagai pernyataan kasih persaudaraan, maka atas nama jemaat ini, saya mengulurkan tangan memberi salam kepada saudara sambil berdoa kiranya saudara tetap dalam bilangan anggota gereja yang setia.

Setalah pendeta menjabat tangan mereka, lalu mereka disuruh duduk kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar