Selasa, 25 Desember 2012

Mulai Hari ini, kami akan memuat acara-acara Liturgi dari Gereja Methodist Indonesia, mulai dari Liturgi Pembaptisan Anak. Tujuannya untuk memudahkan para hamba Tuhan memakai Liturgi tersebut di dalam Pelayanan.


LITURGI BAPTISAN ANAK-ANAK
{Pendeta memanggil orang tua untuk membawa anak-anak mereka ke depan}
Nyanyian :
Pendeta Berkata:

Saudara-saudara yang kekasih, mengingat bahwa semua manusia adalah ahli waris hidup kekal dan menjadi tujuan dari anugerah penyelamatan Roh kudus, maka Yesus Kristus berkata:
Biarkanlah anak-anak itu,jangan menghalang-halangi mereka datang kepadaku sebab orang-oranng yang seperti itulah yang emounya Kerajaan Surga.
Sebab itu saya meminta agar kamu memohon kepada Allah Bapa, demi Yesus Kristus, supaya dengan rahmatNya yang berlimpah itu, Dia menganugerahkan kepada anak-anak yang dibabtis ini supaya ia/mereka akan tetap di dalam persekutuan gereja Kristus yang kudus.

Mari kita berdoa  :
Allah yang maha kuasa dan kekal. Kami memohon kepadaMu agar dengan kebaikanMu yang tidak terhingga itu Engkau berkenan memandang anak-anak ini serta memberkati mereka supaya dengan pertolongan Roh Kudus mereka dapat bertumbuh dalam iman, bersukacita dalam pengharapan, berakar dalam kasih serta melalui hidup yang fana ini mereka dapat masuk dengan kemenangan ke dalam hidup yang akan datang demi kepercayaan akan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin

Pendeta kepada orang Tua/wali:
Saudara-saudara yang kekasih. Oleh karena anak-anak ini sekarang kamu serahkan untuk dibabtis menurut peraturan Gereja Kristen, dan oleh karena itu dengan peraturan ini, mereka akan diserahkan kepada Allah dan GerejaNya maka adalah menjadi tugas dan kewajibanmu untuk mengajarkan kepadanya arti serta maksud babtisan yang kudus ini, demikian juga azas-azas iman kita yang kudus serta sifat hidup Kristen. Kamu juga berkewajiban melatih mereka supaya dengan hormat, teratur dan rajin mereka menghadiri kebaktian Kristen, baik kebektian umum maupun kebaktian di rumah tangga dan juga dengan hormat dan suka cita mereka menerima pengajaran tentang Firman Allah. Di dalam segala hal, baik dengan perintah maupun teladan , haruslah kamu memimpin mereka ke dalam kasih Allah dan pelayanan terhadap Tuhan kita Yesus Kristus.
Maukah kamu dengan hikmat berjanji untuk menunaikan segala kewajiban, tugas dan tanggung jawabmu ini, dengan pertolongan Tuhan?

Orang Tua/wali: Kami berjanji, Tuhan kiranya menolong kami
Dengarlah Injil yang ditulis oleh Rasul Markus dalam pasal 10:13-16
BABTISAN  (Pendeta menerima anak dari orang tuanya, lalu membaptisnya) 
(Nama), aku membaptis engakau di dalam nama Allah Bapa, Anak dan Roh Kudus. Semoga Tuhan memberkati dan menyertai serta melindungi engkau dari sejak sekarang engkau masuk ke dalam kerajaanNya sampai selama-lamanya. Amin

Doa :
Ya Tuhan Allah, Bapa kami yang di surga, berkatilah anak-anak ini supaya sama seperti pertumbuhan tubuh mereka, demikian juga mereka bertumbuh di dalam anugerah dan pengenalan akan Tuhan Yesus Kristus, dan dengan pengaruh dari Rohnya yang mengendalikan dan membaharui kami dapat hidup menjadi anakMu yang benar dan setia melayani Tuhan selama hidupnya, demi Yesus Kristus, Tuhan Kami. Amin
Ya Allah yang maha kuasa, sumber segala kasih dan kebijaksanaan dan kuasa, pimpin dan lindungilah orang tua anak-anak ini supaya dalam kasih dengan nasehat yang bijaksana dan teladanMu yang baik nereka dapat membimbing  anak-anak ini ke dalam hidup yang berdasarkan pada iman, yang diperkuat oleh kebenaran dan yang berbuahkan kesukaan dan sejahtera yang kekal; demi Yesus Kristus, Tuhan kami, Amin.
Pendeta berjabat tangan dengan para orang tua anak itu lalu mereka disuruh kembali ketempatnya masing-masing.
Atau kebaktian itu langsung ditutup dengan doa Tuhan lagu penutup: “Kepada Allah bri puji” dan berkat (Jehuda 24)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar