Selasa, 29 Maret 2011

Panorama Danau Toba & Pusuk Buhit





PANORAMA PUSUK BUHIT DAN DANAU TOBA

Ketika kami mengikuti Retreat Pasangan Suami Isteri Pendeta se- GMI Wil. I (Usia Perkawinan 10 tahun ke atas), kami mengambil arah perjalanan vian Tele—turun ke Pangururan ibukota kabupatena Samosir. Dari sana kami menyusuri pantai barat Pulau samosir menuju Hotel Toledo I Tuk-tuk.

Ketika kami menuruni bukit menuju Pangururan, alangkah indahnya pemandangan yang disungguhkan oleh alam, danau toba dengan pantai yang berkelok-keloh dan diselingi dengan bukit---dan Pusuk Buhit yang menurut legenda Batak sebagai asal mulanya suku Batak dengan kokoh berdiri sebagai Panglima di atas semuanya keindahan tersebut. Ketika kami berhenti di menara pandang yang sudah didirikan oleh Pemda setempat—semua panorama itu semakin jelas, sayang cuaca agak mendung sehingga kami tidak bisa merkamnya dengan jelas.

Objek ini sebenarnya bisa menjadi primadona seperti Taman Wisata Iman di Sidikalang, tetapi butuh visi yang jelas dan tangan yang terampil---seluruh fasilitas perlu diperbaiki terutama jalan dan publikasi. Ayo PEMDA SAMOSIR jangan tidur, benahi alam pemberian Tuhan ini jadi berkat bagi masyarakatmu. (DS Pdt. T.M. Karo-karo, STh,MA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar